Selasa, 04 Maret 2014

hipertensi

Di Indonesia, penyakit hipertensi banyak di derita orang, hal ini banyak disebabkan karena pola makan yang kurang baik, merokok, kolesterol, dapat juga disebabkan karena mengkonsumsi pil antihamil/KB. Namun demikian HT (hipertensi) dapat juga diturunkan, tapi selama kita menjaga pola makan kita tentunya tidak akan membahayakn tubuh kita. Pada umumnya, tekanan darah (TD) orang dewasa yang normal adalah 120-140/80 mm Hg.

 Tindakan umum untuk menurunkan TD seseorang antara lain:
1. Menguruskan badan. bagi yang  overweight.
2. Mengurangi garam dalam diet
3. Membatasi kolesterol diet
4. Berhenti merokok
5. Membatasi minum kopi
6. Membatasi minum alkohol
7. Cukup istirahat dan tidur
8. Gerak Badan 


Obat HT yang sering dikonsumsi orang adalah Captopril, sediaan yang tersedia adalah dosis 12,5 mg dan 25 mg. Efek samping yang sering dialami adalah batuk, sehingga sering ditemukan pasien yang mengeluh sakit batuk karena minum obat ini, namun kebanyakan dari mereka tidak mengetahui hal ini.

Cara kerja captopril adalah dengan menghambat enzim ACE (Angiotensin Converting Enzym) yang mengubah AT (Angiotensin) I menjadi AT II,,,karena AT II inilah yang menyebabkan TD naik. Peniadaan pembentukan AT II akan menyebabkan vasodilatasi (pelebaran pembuluh darah) dan berkurangnya retensi garam dan air. Captopril sering dikombinasi dengan diuretik untuk memperkuat efeknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate

Blogroll