Minggu, 23 Maret 2014

JINTAN HITAM

Jintan hitam atau Habbatussauda (Nigella sativa Linn.) adalah rempah-rempah yang dapat digunakan sebagai tanaman obat [1]. Rempah ini berbentuk butiran biji berwarna hitam yang telah dikenal ribuan tahun yang lalu dan digunakan secara luas oleh masyarakat India, Pakistan, dan Timur Tengah untuk mengobati berbagai macam penyakit. Jenis tanaman ini telah disebut-sebut sebagai tanaman obat dalam perkembangan awal agama Islam.(Wikipedia)

Dalam sebuah hadist disebutkan " Hendaklah kalian mengkonsumsi jintan hitam ini, karena di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan segala penyakit, kecuali kematian (HR. Bukhori)"

Di Mesir Jintan hitam dinamakan Habbah Barokah (biji yang memberi berkah), selain itu juga disebut Kamun Aswad. Di Yaman dinamakan Qohthon, di Iran disebut Suwainiz, Naqna' Al Gholan, kadang juga Basmah

Jintan hitam mengandung zat-zat aktif, berbau harum, juga mengandung antibiotik yang berguna membasmi virus, kuman dan bakteri. kandungn itu antara lain :

1. Oleat (Omega 9), Linoleat (Omega 6), Linolenat (Omega 3)
2. Minyak-minyak volatile atau minyak esensial
3. Fitosterol
4. Alkaloid (Nigelleine dan Nigellamine-n-oxide)
5. Asam-asam Amino

Terdapat pula karotena yang berfungsi sebagai anti kanker, hormon-hormon seks yang menguatkan, dan menyuburkan, zat pendorong produksi air seni dan empedu, enzim-enzim pencerna dan anti keasaman, juga terdapat zat penenang.

Beberapa khasiat jintan hitam antara lain :

1. Mengatasi rambut rontok
    Caranya : campur tepung jintan hitam dalam perasan air seledri, satu sendok cuka kadar rendah dan secangkir minyak zaitun. Gosokkan ke kepala setiap sore, lalu cuci dengan air hangat dan sabun. Lakukan setiap hari

2. Jerawat
    Caranya : Ambil bubuk jintan hitam, aduk dengan minyak wijen dan satu sendok tepung gandum, oleskan keseluruh wajah pada sore hari, paginya cuci dengan air hangat dan sabun. Ulangi selama satu minggu.

3. Rematik
    Caranya : Panaskan minyak jintan hitam. Urutkan pada tempat rematik kuat-kuat, seakan anda mengurut tulang bukan kulit. Minum pula minyak jintan hitam yang telah dipanaskan dicampur sedikit madu, sebelum tidur. Lakukan terus menerus.

4. Ngompol
   Caranya : Yang diperlukan adalah jintan hitam serta kulit telur yang telah dibersihkan dan dipanggang, lalu tunbuk bersama jintan hitam, minumkan pada anak satu sendok kecil bersama satu gelas susu selama satu minggu.

5. Menambah nafsu makan
    Caranya : beberapa menit sebelum makan, ambil satu sendok jintan hitam, haluskan dengan gigi gerahammu, lalu minum satu cangkir air dingin yang dicampur beberapa tetes cuka..


Sumber :  "Mukjizat Kesembuhan" karangan Abdul Fida Muhammad 'Izat 'Arif
                 Wikipedia
                 tambahan sedikit kata-kata dari saya  ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate

Blogroll